5 RAHASIA SUKSES BISNIS
( ROBERT T. KIYOSAKI DAN DONALD J.TRUMP )
AGUNG RISTIANTO
ENTREPRENEUR – AUTHOR – MOTIVATOR
MOTIVATOR TERMUDA NO. 1 NGAWI
Rahasia Sukses Bisnis Yang Wajib Anda Miliki
Kelima rahasia ini saya sarikan dari buku Midas Touch
yang ditulis oleh Robert T. Kiyosaki dan Donald Trump yang dikenal sebagai 2
ahli dan praktisi bisnis terkemuka di Dunia.
Midas Touch kalau dibahasakan dengan bahasa kita adalah
Sentulah Emas. Artinya apapun yang kita sentuh akan menjadi uang. Tentu saja ini
sebuah metafora , maksutnya adalah apa pun bisnis yang kita jalankan , jika
kita sudah memiliki kelima rahasia ini , maka bisnis Kita akan Sukses.
Anda akan menjadi seorang pebisnis bertangan dingin.
Bukan apa bisnis yang bagus , tetapi bagaimana Anda menjalankan Bisnis itu.
5 Rahasia Sukses Bisnis ini bisa diterapkan untuk
berbagai hal. Apapun bisnis Anda. 5 Rahasia ini harus menjadi dasar semua
bisnis. Memang , ada hal – hal teknis yang membedakan setiap bisnis , tetapi sebelum
kita memikirkan hal teknis , pastikan Anda sudah menerapkan 5 Rahasia Sukses
Bisnis ini.
Jadi , apa pun bisnis Anda , apakah itu bisnis Amazon ,
Angkringan , Bakso , Mie Ayam , Café , Catering , Developer Properti , fotocopy
, franchise , jaringan , jual tiket pesawat , kuliner , laundry kiloan ,
makanan , mini market , mlm , pakaian , percetakan , property , restoran ,
rumah makan , toko online , warnet dll , pastikan Anda menerapkan 5 Rahasia ini
:
1. KEKUATAN
KARAKTER
Banyak
pebisnis pemula atau mereka yang baru mencoba menjalankan bisnis mengabaikan
ini. Kebanyakan mereka bertanya berkaitan bisnis apa yang menguntungkan atau
cocok , atau bagaimana menjalankan bisnis , dan berbagai masalah teknis
termasuk bagaimana mencari modal.
Padahal ,
seperti dikatakan bahwa kekuatan karakter atau mental adalah fondasi bisnis.
Sukses tidaknya sebuah bisnis , ditentukan oleh orang nya , apakah dia memiliki
karakter yang kuat atau tidak ( cengeng ).
Mengharapkan
semua berjalan mulus dan tidak mau menghadapi kegagalan , kesulitan , kelemahan
, dan kesalahan salah satu ciri orang yang karakternya lemah. Dia cepat
menyerah jika tidak sesuai yang dia harapkan.
Ciri orang
yang memiliki Kekuatan Karakter adalah jika gagal mereka bangkit , jika salah
mereka ambil kesalahan , jika punya kelemahan dia cari solusinya , dan yang
penting adalah terus melangkah , tidak mudah menyerah , tidak suka mengeluh ,
tidak cengeng.
2. FOKUS
Satu lagi
yang sangat penting dalam bisnis adalah Fokus. Banyak yang mencoba 1 bisnis ,
kemudian dia melihat bisnis lain yang dilakukan oleh orang lain , dia ingin
pindah. Istilahnya rumput tetangga selalu terlihat lebih hijau.
Padahal ,
bukan bisnis apa yang paling penting , tetapi siapa yang menjalankan nya. Apakah yang memiliki karakter kuat atau
tidak ?
Kekuatan
Karakter sangat berkaitan dengan Fokus. Hal ini berkaitan dengan seseorang
pebisnis menemui kesulitan , apakah dia akan akan focus pada bisnis itu atau
cepat menyerah mencari bisnis yang “mudah’’. Apakah di bisnis baru dia akan
bertahan dan focus ? Belum tentu. Malah , kembali ke nol lagi.
Tanpa Fokus
, hampir pasti mustahil untuk berhasil dalam hal apapun. Jadi , anda harus
memiliki ketekunan tekad untuk focus pada bisnis Anda.
Kiyosaki dan
Trump punya bisnis banyak ! Lalu apa yang disebut dengan Fokus ?
Focus bukan
berarti Anda harus memiliki hanya satu bisnis. Tidak , focus adalah Anda
melakukan satu hal dan satu waktu samapi berhasil. Focus itu adalah singkatan
dari Follow One Course Untul Succesful. Setelah satu berhasil , Anda bisa
melakukan yang lain.
3. MERK
Kadang ada
yang bicara, buat apa membangun merk , yang penting langsung menjual agar bisa
menghasilkan uang. Ya , jika Anda seorang penjual dan pebisnis kecil , silahkan
focus menjual.
Tapi , jika
mau besar , siapkan diri Anda membangun merk yang kuat.
Baik
Tiyosaki maupun Trump , kedua pernah bangkrut , tetapi mereka bisa bangkit lagi
, salah satu nya adalah karena kekuatan merk mereka. Siapa yang tidak kenal
dengan merk Trump di USA ?
Orang sudah
percaya dengan kualitas dan kemampuan nya , maka dengan mudah membangun bisnis
lagi.
Persaingan
semakin ketat , pilihan produk akan semakin banyak. Jiak And tidak memiliki
merk yang kuat , Anda bisa kalah dalam persiangan yang lebih luas.
Seorang
konsultan pemasaran mengatakan , jika kita emmang membutuhkan uang tunai denagn
cepat , tidak apa – apa focus menjual. Tapi , manfaatkan aktivitas menjual
sambil membangun merk. Selalu cantumkan merk Anda dalam alat promosi jualan
Anda. Selalu !
4. HUBUNGAN
ATAU RELASI
Kadang saya
mendapatkan email , SMA , atau inbox di Facebook dari seseorang yang belum saya
kenal , tetapi sudah meminta sesuatu denagn bahasa yang kasar dan memaksa.
Bahkan , telat menjawab , caci maki mendarat.
Ternyata
bukan hanya saya , saya suka mengikuti guru – guru bisnis , ternyata mereka
juga sama ,suka menemukan orang – orang yang seperti ini.
Kalau saya ,
tidak pernah menghiraukan orang ini. Teman bukan , bayar tidak , kok sudah
meminta , maksa lagi. Padahal , saya sering berbagi kepada teman – teman saya.
Mengapa dia tidak berusaha menjadi teman saya ? Saya sendiri juga sama , saya
sebelum bertanya kepada seseorang , saya berusaha untuk menjadi teman terlebih
dahulu. Atau , jika perlu dan ingin cepat , saya bayar secara professional.
Hubungan
yang baik atau relasi sangat penting dalam bisnis. Saya melihat dengan mata
kepala sendiri , banyak orang yang jauh lebih sukses dibandingjkan dengan yang
lain bukan karena pintar atau banyak modal , tetapi karena relasinya yang
bagus. Dia mudah bergaul , punya banyak teman , punya banyak referensi , dan
sebagainya.
“Orang
sukses itu harus mau menolong dan berbagi’’. Kadang prinsip ini yang dimiliki
oleh para pecundang. Benar , semua orang harus mau menlong dan berbagi , tetapi
tidak harus kepada Anda. Banyak orang lain yang hubungan nya yang lebih baik
yang bisa ditolong.
Jika itu
memang prinsip itu yang Anda pegang. Kenapa memaksa orang lain ? mulailah Anda
yang mau berbagi dan menolong. Orang sukses juga butuh pertolongan , sudahkah
Anda mencoba menolongnya ? Jika Anda mau menolong mereka , aneh rasanya jika tidak
mau menolong Anda.
5. HAL
– HAL KECIL YANG BERARTI
KEUNGGULAN
KOMPETITIF
Jika Anda
tidak memiliki keunggulan dalam bisnis Anda , sulit untuk membangun bisnis.
Pertanyaan nya adalah , mengapa orang membeli kepada Anda bukan kepada orang
lain ?
Jika Anda tidak
punya keunggulan , orang akan membeli produk jasa yang lebih unggul dan bukan
kepada Anda. Jika tidak ada pembeli , bagaimana bisnis bisa bertahan ?
Sementara
banyak orang yang mengabaikan hal ini. Mereka menganggap remeh hal ini. Mereka
beranggapan yang penting punya produk dan terus menjual nya dengan gencar.
Serius. Saya
sering melihat orang buka rumah makan dan saya bertanya dalam hati , mengapa
saya harus makan disini , kenapa tidak disebelahnya ? banyak yang menawarkan
produk di internet , tetapi saya tidak melihat keunggulan nya dibanding produk
pesaing nya.
Artinya ,
banyak yang menganggap kecil pentingnya keunggulan kompetitif , padahal ini
sesuatu yang besar.
ILMU
ATAU TEORI
Saya sering
mendengar dan membaca dari orang “hebat’’ , katanya yang penting “action’’.
Saya tidak suka teori , sukanya langsung action. Bla bla bla bla.
Padahal ,
dalam agama disebutkan adalah amal ba’da ilmu. Amal itu adalah setelah ada
ilmunya. Boleh langsung bertindak tetapi harus sambil mengetahui ilmunya.
Artinya , tindakan dan ilmu harus ada keduanya , jangan salah satu nya saja.
Ada kutipan
menarik dari Robert T. Kiyosaki . “ Memiliki pengetahuan itun mungkin terkesan
seperti hal remeh bagi kebanyakan orang. Kendati demikian , memiliki kekuatan
ini adalah hal yang besar bagi saya’’.
Apakah Anda
masih berpikir ilmu atau teori itu hal remeh yang patut diabaikan ? Jangan !
MEMPERHATIKAN
HAL DETAIL
Memperhatikan
hal detail tidak ada hubungan nya dengan berpikir besar. Bagaiamana pikiran
besar Anda , visi besar , tujuan yang hebat , tentu akan memunculkan hal – hal
detail yang harus diperhatikan.
Ada pepatah
yang mengatakan , “Kebocoran kecil bisa menenggelamkan satu kapal sekalipun’’.
Artinya jangan sampai ada satu hal yang luput dari perhatian Anda dan
menyebabkan bisnis Anda hancur.
Bisa saja ,
saat Cutomer Servis Anda selalu menjawab telpon sambil bbm-an , nada suara dan
focus nya akan berbeda. Jiak hal ini terjadi , maka bisa saja Anda akan
kehilangan banyak pelanggan.
Konon ,
salah satu penyebab bangkrutnya sebuah bisnis karena Customer Servis yang
buruk.
Anda pemilik
bisnis retail ? pernahkah Anda memperhatikan wajah para pelayan Anda , apakah
mereka selalu senyum ? Starbuck menjadi kedai kopi ternama gara – gara
pelayanan nya diwajibkan untuk selalu tersenyum. Senyum , hal kecil yang perlu
Anda perhatikan.
Dan masih
banyak hal kecil lain nya , hal yang detail yang perlu Anda perhatikan untuk
kemajuan bisnis Anda.
Sekian dari
saya , semoga sharing saya kali ini bermanfaat buat kita semua.
Saya Agung Ristianto
SALAM SUKSES.
>>
Untuk Informasi Jadwal Seminar , Acara , Training atau Anda ingin
mengundang saya ke tempat ( Acara ) anda. Anda bisa menghubungi saya di
nomor 085655121987 atau :
Bbm : 5CDE79C6
WA : 085655121987
Fb : Agung Ristianto Tweet : @AgungRistianto4
Tidak ada komentar:
Posting Komentar