Jumat, 14 Oktober 2016

5 RAHASIA SUKSES BISNIS



5 RAHASIA  SUKSES BISNIS 
(  ROBERT T. KIYOSAKI DAN DONALD J.TRUMP )




AGUNG RISTIANTO
ENTREPRENEUR – AUTHOR – MOTIVATOR
MOTIVATOR TERMUDA NO. 1 NGAWI


Rahasia Sukses Bisnis Yang Wajib Anda Miliki



Kelima rahasia ini saya sarikan dari buku Midas Touch yang ditulis oleh Robert T. Kiyosaki dan Donald Trump yang dikenal sebagai 2 ahli dan praktisi bisnis terkemuka di Dunia.

Midas Touch kalau dibahasakan dengan bahasa kita adalah Sentulah Emas. Artinya apapun yang kita sentuh akan menjadi uang. Tentu saja ini sebuah metafora , maksutnya adalah apa pun bisnis yang kita jalankan , jika kita sudah memiliki kelima rahasia ini , maka bisnis Kita akan Sukses.

Anda akan menjadi seorang pebisnis bertangan dingin. Bukan apa bisnis yang bagus , tetapi bagaimana Anda menjalankan Bisnis itu.

5 Rahasia Sukses Bisnis ini bisa diterapkan untuk berbagai hal. Apapun bisnis Anda. 5 Rahasia ini harus menjadi dasar semua bisnis. Memang , ada hal – hal teknis yang membedakan setiap bisnis , tetapi sebelum kita memikirkan hal teknis , pastikan Anda sudah menerapkan 5 Rahasia Sukses Bisnis ini.

Jadi , apa pun bisnis Anda , apakah itu bisnis Amazon , Angkringan , Bakso , Mie Ayam , Café , Catering , Developer Properti , fotocopy , franchise , jaringan , jual tiket pesawat , kuliner , laundry kiloan , makanan , mini market , mlm , pakaian , percetakan , property , restoran , rumah makan , toko online , warnet dll , pastikan Anda menerapkan 5 Rahasia ini :

1.   KEKUATAN KARAKTER  




Banyak pebisnis pemula atau mereka yang baru mencoba menjalankan bisnis mengabaikan ini. Kebanyakan mereka bertanya berkaitan bisnis apa yang menguntungkan atau cocok , atau bagaimana menjalankan bisnis , dan berbagai masalah teknis termasuk bagaimana mencari modal.

Padahal , seperti dikatakan bahwa kekuatan karakter atau mental adalah fondasi bisnis. Sukses tidaknya sebuah bisnis , ditentukan oleh orang nya , apakah dia memiliki karakter yang kuat atau tidak ( cengeng ).

Mengharapkan semua berjalan mulus dan tidak mau menghadapi kegagalan , kesulitan , kelemahan , dan kesalahan salah satu ciri orang yang karakternya lemah. Dia cepat menyerah jika tidak sesuai yang dia harapkan.

Ciri orang yang memiliki Kekuatan Karakter adalah jika gagal mereka bangkit , jika salah mereka ambil kesalahan , jika punya kelemahan dia cari solusinya , dan yang penting adalah terus melangkah , tidak mudah menyerah , tidak suka mengeluh , tidak cengeng.

2.   FOKUS



Satu lagi yang sangat penting dalam bisnis adalah Fokus. Banyak yang mencoba 1 bisnis , kemudian dia melihat bisnis lain yang dilakukan oleh orang lain , dia ingin pindah. Istilahnya rumput tetangga selalu terlihat lebih hijau.

Padahal , bukan bisnis apa yang paling penting , tetapi siapa yang menjalankan  nya. Apakah yang memiliki karakter kuat atau tidak ?

Kekuatan Karakter sangat berkaitan dengan Fokus. Hal ini berkaitan dengan seseorang pebisnis menemui kesulitan , apakah dia akan akan focus pada bisnis itu atau cepat menyerah mencari bisnis yang “mudah’’. Apakah di bisnis baru dia akan bertahan dan focus ? Belum tentu. Malah , kembali ke nol lagi. 

Tanpa Fokus , hampir pasti mustahil untuk berhasil dalam hal apapun. Jadi , anda harus memiliki ketekunan tekad untuk focus pada bisnis Anda.

Kiyosaki dan Trump punya bisnis banyak ! Lalu apa yang disebut dengan Fokus ?
Focus bukan berarti Anda harus memiliki hanya satu bisnis. Tidak , focus adalah Anda melakukan satu hal dan satu waktu samapi berhasil. Focus itu adalah singkatan dari Follow One Course Untul Succesful. Setelah satu berhasil , Anda bisa melakukan yang lain. 

3.   MERK



Kadang ada yang bicara, buat apa membangun merk , yang penting langsung menjual agar bisa menghasilkan uang. Ya , jika Anda seorang penjual dan pebisnis kecil , silahkan focus menjual. 

Tapi , jika mau besar , siapkan diri Anda membangun merk yang kuat.
Baik Tiyosaki maupun Trump , kedua pernah bangkrut , tetapi mereka bisa bangkit lagi , salah satu nya adalah karena kekuatan merk mereka. Siapa yang tidak kenal dengan merk Trump di USA ? 

Orang sudah percaya dengan kualitas dan kemampuan nya , maka dengan mudah membangun bisnis lagi.

Persaingan semakin ketat , pilihan produk akan semakin banyak. Jiak And tidak memiliki merk yang kuat , Anda bisa kalah dalam persiangan yang lebih luas.

Seorang konsultan pemasaran mengatakan , jika kita emmang membutuhkan uang tunai denagn cepat , tidak apa – apa focus menjual. Tapi , manfaatkan aktivitas menjual sambil membangun merk. Selalu cantumkan merk Anda dalam alat promosi jualan Anda. Selalu !

4.   HUBUNGAN ATAU RELASI




Kadang saya mendapatkan email , SMA , atau inbox di Facebook dari seseorang yang belum saya kenal , tetapi sudah meminta sesuatu denagn bahasa yang kasar dan memaksa. Bahkan , telat menjawab , caci maki mendarat. 

Ternyata bukan hanya saya , saya suka mengikuti guru – guru bisnis , ternyata mereka juga sama ,suka menemukan orang – orang yang seperti ini.

Kalau saya , tidak pernah menghiraukan orang ini. Teman bukan , bayar tidak , kok sudah meminta , maksa lagi. Padahal , saya sering berbagi kepada teman – teman saya. Mengapa dia tidak berusaha menjadi teman saya ? Saya sendiri juga sama , saya sebelum bertanya kepada seseorang , saya berusaha untuk menjadi teman terlebih dahulu. Atau , jika perlu dan ingin cepat , saya bayar secara professional.

Hubungan yang baik atau relasi sangat penting dalam bisnis. Saya melihat dengan mata kepala sendiri , banyak orang yang jauh lebih sukses dibandingjkan dengan yang lain bukan karena pintar atau banyak modal , tetapi karena relasinya yang bagus. Dia mudah bergaul , punya banyak teman , punya banyak referensi , dan sebagainya.

“Orang sukses itu harus mau menolong dan berbagi’’. Kadang prinsip ini yang dimiliki oleh para pecundang. Benar , semua orang harus mau menlong dan berbagi , tetapi tidak harus kepada Anda. Banyak orang lain yang hubungan nya yang lebih baik yang bisa ditolong.

Jika itu memang prinsip itu yang Anda pegang. Kenapa memaksa orang lain ? mulailah Anda yang mau berbagi dan menolong. Orang sukses juga butuh pertolongan , sudahkah Anda mencoba menolongnya ? Jika Anda mau menolong mereka , aneh rasanya jika tidak mau menolong Anda.

5.   HAL – HAL KECIL YANG BERARTI

KEUNGGULAN KOMPETITIF




Jika Anda tidak memiliki keunggulan dalam bisnis Anda , sulit untuk membangun bisnis. Pertanyaan nya adalah , mengapa orang membeli kepada Anda bukan kepada orang lain ?

Jika Anda tidak punya keunggulan , orang akan membeli produk jasa yang lebih unggul dan bukan kepada Anda. Jika tidak ada pembeli , bagaimana bisnis bisa bertahan ?
Sementara banyak orang yang mengabaikan hal ini. Mereka menganggap remeh hal ini. Mereka beranggapan yang penting punya produk dan terus menjual nya dengan gencar.
Serius. Saya sering melihat orang buka rumah makan dan saya bertanya dalam hati , mengapa saya harus makan disini , kenapa tidak disebelahnya ? banyak yang menawarkan produk di internet , tetapi saya tidak melihat keunggulan nya dibanding produk pesaing nya.

Artinya , banyak yang menganggap kecil pentingnya keunggulan kompetitif , padahal ini sesuatu yang besar.

ILMU ATAU TEORI 



Saya sering mendengar dan membaca dari orang “hebat’’ , katanya yang penting “action’’. Saya tidak suka teori , sukanya langsung action. Bla bla bla bla.
Padahal , dalam agama disebutkan adalah amal ba’da ilmu. Amal itu adalah setelah ada ilmunya. Boleh langsung bertindak tetapi harus sambil mengetahui ilmunya. Artinya , tindakan dan ilmu harus ada keduanya , jangan salah satu nya saja.

Ada kutipan menarik dari Robert T. Kiyosaki . “ Memiliki pengetahuan itun mungkin terkesan seperti hal remeh bagi kebanyakan orang. Kendati demikian , memiliki kekuatan ini adalah hal yang besar bagi saya’’.

Apakah Anda masih berpikir ilmu atau teori itu hal remeh yang patut diabaikan ? Jangan !

MEMPERHATIKAN HAL DETAIL




Memperhatikan hal detail tidak ada hubungan nya dengan berpikir besar. Bagaiamana pikiran besar Anda , visi besar , tujuan yang hebat , tentu akan memunculkan hal – hal detail yang harus diperhatikan.

Ada pepatah yang mengatakan , “Kebocoran kecil bisa menenggelamkan satu kapal sekalipun’’. Artinya jangan sampai ada satu hal yang luput dari perhatian Anda dan menyebabkan bisnis Anda hancur.

Bisa saja , saat Cutomer Servis Anda selalu menjawab telpon sambil bbm-an , nada suara dan focus nya akan berbeda. Jiak hal ini terjadi , maka bisa saja Anda akan kehilangan banyak pelanggan. 

Konon , salah satu penyebab bangkrutnya sebuah bisnis karena Customer Servis yang buruk.

Anda pemilik bisnis retail ? pernahkah Anda memperhatikan wajah para pelayan Anda , apakah mereka selalu senyum ? Starbuck menjadi kedai kopi ternama gara – gara pelayanan nya diwajibkan untuk selalu tersenyum. Senyum , hal kecil yang perlu Anda perhatikan. 

Dan masih banyak hal kecil lain nya , hal yang detail yang perlu Anda perhatikan untuk kemajuan bisnis Anda.


Sekian dari saya , semoga sharing saya kali ini bermanfaat buat kita semua.

Saya Agung Ristianto 

SALAM SUKSES.

>> Untuk Informasi Jadwal Seminar , Acara , Training atau Anda ingin mengundang saya ke tempat ( Acara ) anda. Anda bisa menghubungi saya di nomor 085655121987 atau :
Bbm  : 5CDE79C6
WA   : 085655121987
Fb    : Agung Ristianto 
Tweet : @AgungRistianto4 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar